Lembah Es Terluas Jadi Tempat Yang Mengerikan Seperti Danau Neraka

Ngeri, lembah es terluas di Islandia berubah jadi danau 'neraka'

 Vatnajkull adalah glasier atau lembah es terbesar yang terletak di Islandia, salah satu pulau di dekat kutub Utara. Sayangnya, Vatnajkull kini mulai berubah menjadi danau terpanas di dunia.
Sejak bulan Agustus tahun 2014 lalu, sebuah rekahan tanah terbentuk di Vatnajkull akibat fenomena vulkanis. Dari rekahan itulah mulai mengalir lava dengan jumlah yang masif. Celakanya, saat ini aliran lava tersebut sudah membentuk sebuah danau ‘neraka’ raksasa.
Dengan menggunakan kamera dari satelit Lansat 8, NASA berhasil memperlihatkan pertumbuhan masif dari danau lava bernama Holohraun tersebut. Dari pantauan NASA, sekarang luas dari Holohraun sudah mencapai 84 kilometer persegi, hampir menyamali luas kota utama di New York, Manhattan, Daily Mail (13/01).
Sementara ilmuwan dari Institut Geologi Islandia memperkirakan bila ketebalan lava rata-rata di Holohraun sekitar 12 meter! Bahkan, di bagian barat Holohraun ketebalannya 14 meter.
Kejadian terbentuknya Holohraun menurut ilmuwan adalah yang terbesar di Islandia dalam 200 tahun terakhir. Sebelumnya, pada tahun 1783-1784 Islandia pernah hampir tertutup aliran lava besar akibat letusan gunung Laki. Letusan Laki bahkan menyebabkan hilangnya 20 persen kehidupan di Islandia.
Untungnya, aliran lava dari Holohraun diketahui mulai berkurang di awal tahun ini. Ahli geologi Universitas Edinburgh bernama John Stevenson mengaku bila pusat semburan lava Holohraun mulai terbenam dengan kecepatan 25 sentimeter per hari.
Tetapi, seperti semburan lumpur Sidoarjo di Indonesia, ilmuwan belum bisa memprediksi kapan aliran lava Holohraun akan berhenti.(merdeka)
Iklan