Kalau Hadiri Acara TNI, Jokowi Disarankan Jangan Pakai Seragam TNI Demi Hal Ini

http://ift.tt/1w8asCp

<!– BEGIN JS TAG – Suaranews.com NEWS INDO Display Rev Share

Guru Besar Universitas Pertahanan Salim Said mengkritik keras Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kerapkali menggunakan pakaian tentara saat acara TNI. Hal ini dia sampaikan ketika diundang makan siang dan diminta memberikan masukan kepada pemerintah.

“Saya juga ingatkan presiden agar presiden jangan biasakan menggunakan pakaian militer, sebab beliau itu sipil. Meski beliau sipil, beliau pemegang kekuasaan tertinggi tentara,” kata Salim di Istana, Jakarta, Kamis (4/6).

Lebih lanjut, Salim menambahkan, TNI sudah berhasil melakukan reformasi institusinya dan tidak melibatkan diri dalam ranah sipil. Sehingga, TNI sebagai lembaga ketahanan negara jangan sampai dibawa-bawa atau ditarik ke kementerian yang bukan bidangnya.

Salim mengingatkan, latar belakang Jokowi sebagai presiden bukan berangkat dari kalangan militer. Jokowi adalah warga sipil yang saat ini menjadi presiden.

“Jadi dengan pakaian sipil pun tentara menghormati beliau (Jokowi). Beliau sangat senang dengan saran saya itu karena saya katakan janganlah kita yang sudah berhasil reformasi TNI, kita kembali ke masa lalu tanpa kita sadari,” jelasnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo sering kali menghadiri acara yang diprakasai oleh TNI. Dalam sejumlah acara, Jokowi didandani dan mengenakan baju loreng-loreng, baju kebesaran tentara.


sumber: Merdeka

Iklan