Jokowi Akan Kunjungi Gaza Untuk Resmikan Rumah Sakit Dana Dari Masyarakat Indonesia, Kalau Jadi

http://ift.tt/1w8asCp

Dikutip ACW dari ROL, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno usai mendampingi Presiden menerima delegasi Medical Emergency Rescue Committee (Mer-C) di Istana Merdeka, Rabu (17/6), menjelaskan, negara-negara di Timur Tengah memang menjadi prioritas kunjungan kenegaraan Presiden ke depan.

Hal ini setelah sejumlah pemimpin negara Timur Tengah hadir dalam Konferensi Asia Afrika yang digelar di Jakarta dan Bandung beberapa waktu lalu. Khusus bagi Palestina, lanjut Pratikno, Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia memiliki kewajiban moral membantu negara yang tengah berkonflik tersebut.

“Bagi Presiden, yang menarik adalah ini kontribusi masyarakat, recehan yang dikumpulkan dari seluruh Indonesia, tanpa dana dari pemerintah,” kata Pratikno.

Kementerian Luar Negeri, lanjut dia, saat ini tengah dalam proses untuk mengatur jadwal perjalanan Jokowi ke Palestina dan ke sejumlah negara-negara sahabat lainnya di Timur Tengah.
<!– BEGIN JS TAG – Suaranews.com NEWS INDO Display Rev Share

Berbicara terpisah, Ketua Presidium Mer-C Henry Hidayatullah menjelaskan, Rumah Sakit Indonesia di Gaza mulai dibangun sejak 3,5 tahun lalu. Menurutnya, rumah sakit yang terdiri dari dua lantai tersebut memiliki 100 tempat tidur serta dilengkapi dengan peralatan medis canggih seperti CT scan.

Rumah sakit ini dikhususkan untuk layanan traumatology dan bedah bagi korban konflik di Palestina. Pembangunan rumah sakit terbesar di Gaza ini menelan dana Rp 120 miliar yang seluruhnya berasal dari masyarakat Indonesia.

“Ini adalah hadiah dari masyarakat Indonesia untuk masyarakat Palestina,” ucap Henry.

Melalui keterangan tertulis, Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki mengatakan, Presiden meminta MER-C bersabar menunggu izin dari Pemerintah Mesir untuk memasuki Palestina melalui Rafah, demi menghindari ditolaknya rombongan yang dapat menjadi pemberitaan negatif.

Presiden, kata Teten, juga meminta Mer-C berhati-hati agar bantuan yang diberikan tidak terkesan diterima oleh salah satu lembaga yang anggotanya berafiliasi dengan salah satu faksi tertentu di Palestina.

ad_idzone = “1523222”;
ad_width = “300”;
ad_height = “50”;

Sumber: atjehcyber

Iklan