Ada Apa DPR Malah Tidak Dapat Menolak Atau Menerima Sutiyoso

http://ift.tt/1w8asCp

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan, Uji kepatutan dan kelayakan terhadap Letjen (purn) Sutiyoso sebagai calon kepala BIN dilakukan untuk memberikan pertimbangan kepada Presiden Joko Widodo. DPR tidak punya kapasitas untuk memutuskan menolak atau menerima Sutiyoso.

“Nanti pertimbangannya diberikan ke Presiden (Joko Widodo), Presiden yang memutuskan,” kata Wakil Ketua DPR Agus Hermanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/6/2015).

Sedangkan uji kelayakan dan kepatutan untuk calon Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Komisi I DPR dapat mengambil keputusan untuk disetujui atau tidak disetujui oleh DPR.
<!– BEGIN JS TAG – Suaranews.com NEWS INDO Display Rev Share

Perbedaan ini dikarenakan Undang-Undang tentang TNI dan Undang-Undang tentang Intelijen Negara mengatur mekanisme yang berbeda. “Jadi ini berbeda walaupun sama-sama harus diproses di DPR,” ucapnya.

Soal kapan dilakukan uji kepatutan dan kelayakan, Agus belum bisa memastikan. Namun, sebelumnya Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq mengaku, Komisi I akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso antara tanggal 23 dan 26 Juni 2015 mendatang.

ad_idzone = “1523222”;
ad_width = “300”;
ad_height = “50”;


sumber: fastnewsindonesia

Iklan