Apa Rencana Jokowi Dibalik Penunjukkan Sutiyoso Sebagai Kepala BIN?

http://ift.tt/1w8asCp

Penunjukan Letjen TNI (Purn) Sutiyoso menjadi calon kepala Badan Intelijen Negara (BIN) untuk menggantikan Marciano Norman oleh Presiden Joko Widodo menuai pro dan kontra.

Ketua Pusat Studi Keamanan dan Politik Universitas Padjadjaran, Muradi punya analisis tersendiri soal mengapa sosok Sutiyoso yang dipilih oleh presiden. Muradi menilai Sutiyoso memiliki nilai sejumlah lebih.

Sutiyoso, katanya, dipilih karena ia adalah figur alternatif yang datang dari korps prajurit pasukan khusus, figur yang terkenal tegas tapi juga luwes dalam berkomunikasi dengan ragam kelompok.

“Terkait dengan kompetensi yang dimiliki oleh Sutiyoso atau Bang Yos, saya kira selama berkarir di militer, Sutiyoso banyak berkiprah dan berpengalaman dalam dunia intelijen,” kata Muradi, Jumat (19/6/2015).

Hal yang perlu digarisbawahi, kata Muradi, dukungan politik juga harus diperhitungkan secara komprehensif. Presiden, katanya, tentu memiliki pertimbangan hal tersebut sebagai bagian dari konsolidasi pemerintahannya.
<!– BEGIN JS TAG – Suaranews.com NEWS INDO Display Rev Share

Tentu saja, kata Muradi, penunjukan Sutiyoso tak akan menyenangkan banyak pihak secara politik. Namun, sambung Muradi, faktanya Sutiyoso pernah diusung PDIP waktu menjadi Gubernur DKI.

“Dan itu bukti Sutiyoso secara personal berhubungan dengan Ketua Umum PDIP,” ujarnya.

Adapun Ketua Komisi I DPR RI, Mahfudz Siddiq menilai yang harus diuji adalah, apakah calon Kepala BIN itu adalah visi intelijen yang sesuai dengan perkembangan zaman atau tidak, bukan semata soal usia. Ia menyebut kepala intelijen di beberapa negara juga tokoh senior.

“Dunia memang sedang menghadapi asymetric war sehingga butuh pola kerja asymetric intelligence juga. Cyber war dan cyber intelligence salah satu variabelnya,” katanya.

Mahfudz menjelaskan, ini menjadi tantangan Kepala BIN. Hal yang dibutuhkan seorang kepala BIN adalah sejauh mana dia memahami persoalan ini dan bagaimana dia bisa mendayagunakan berbagai sumber daya yang tersedia.

ad_idzone = “1523222”;
ad_width = “300”;
ad_height = “50”;


Sumber: tribunnews

Iklan