Enak Sekali! Tiga Terdakwa Mafia Minyak Divonis Bebas

http://ift.tt/1w8asCp

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Pekanbaru, Riau, memvonis bebas tiga terdakwa “mafia minyak” dalam kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU). Sebelumnya hakim menjatuhkan vonis hukuman rendah kepada dua terdakwa tindak pidana korupsi (Tipikor), yakni Achmad Mahbub alias Abob dan Du Nun alias Aguan.

Majelis Hakim yang diketuai Ahmad Pudjoharsoyo dalam pembacaan putusan atas tiga terdakwa, yakni Niwen Khoriyah, Arifin Achman, dan Yusri, Kamis (18/6) malam, menilai bahwa ketiganya tidak terbukti melakukan TPPU. Dalam pertimbangan atas terdakwa Niwen, hakim berpendapat bahwa yang bersangkutan tidak mengetahui aliran dana jual beli minyak yang melibatkan kakak kandungnya, Abob, dengan Komandan Angkatan Laut TNI AL Dumai, Mayor Antonius Manulang, dan Ridwan.
<!– BEGIN JS TAG – Suaranews.com NEWS INDO Display Rev Share

“Terdakwa tidak terbukti melanggar pasal Tipikor dan TPPU. Untuk itu yang bersangkutan dinyatakan tidak bersalah dan harus dikeluarkan dari rumah tahanan,” kata Ahmad.

Hakim menilai, Niwen yang merupakan pegawai negeri sipil (PNS) Otoritas Batam tersebut menerima dana dari Ridwan untuk kemudian mengirimkannya ke Manulang. Menurutnya, itu adalah bagian dari usaha yang dijalankan terdakwa dalam bidang money changer.

Sebelumnya mejelis hakim menjatuhkan vonis terhadap Abob selaku mafia migas dengan hukuman empat tahun penjara. Putusan selanjutnya dijatuhkan kepada Aguan, juga empat tahun penjara. Aguan tidak lain adalah kaki tangan Abob.

Ahmad menilai, kedua terdakwa melanggar pasal 5 UU Tipikor dan TPPU. Keduanya didenda Rp 200 juta subsider enam bulan penjara.

ad_idzone = “1523222”;
ad_width = “300”;
ad_height = “50”;


sumber: citizendaily

Iklan