Ingin Isi Ban Anda Dengan Nitrogen? Baca Ini Dulu Biar Anda Tidak Kecewa Nanti

http://ift.tt/1w8asCp

Belakangan, banyak ditemukan jasa pengisian nitrogen pada ban di sejumlah pom bensin. Penggunanya pun tak sedikit, mulai dari roda empat hingga kendaraan roda dua. Biasanya, ban berisi angin nitrogen ditandai dengan tutup pentil berwarna hijau.
Lantas, apa bedanya dengan angin biasa? Apa kelebihannya? Apa pula kerugiannya?

Ternyata, mengisi angin ban dengan nitrogen memang memiliki kelebihan, yakni tak cepat panas pada ban. Hal itu terjadi lantaran ban berisi nitrogen memiliki jumlah molekul lebih besar, sehingga tidak mudah kempis dan panas.

Selain itu, menggunakan nitrogen juga membuat lebih nyaman dalam berkendara, karena bantingan ban kendaraan lebih empuk. Penjelasan ilmiahnya, karena gas nitrogen dapat menjaga elastisitas ban sehingga kelenturan karet semakin terjaga. Demikian seperti dilansir WeloveHonda.
<!– BEGIN JS TAG – Suaranews.com NEWS INDO Display Rev Share

Beberapa keuntungan lain dari menggunakan nitrogen yakni, tekanan ban terjaga lebih lama, daya cengkram dan kinerja ban menjadi optimal, memperpanjang umur pakai ban karena tekanan tepat, habisnya ban akan merata, tidak terjadi oksidasi pada karet ban, dan tidak membantu menimbulkan karat.

Meski banyak keuntungannya, menggunakan nitrogen juga punya beberapa kelemahan. Salah satunya, kendaraan harus sering digunakan. Jika tidak digunakan beberapa hari, maka tekanan udaranya akan cepat menurun.
Gas nitrogen di dalam ban tersebut akan cepat keluar karena pengaruh udara di luar yang lebih dingin dan akibat gravitasi.

Nah, kalau tekanan nitrogen sudah berkurang, Anda tidak bisa sembarangan menambahkannya dengan angin biasa. Harus nitrogen lagi. Jika ingin balik menggunakan angin biasa, harus kuras habis dulu semua nitrogennya, baru isi angin biasa.

Kelemahan terakhir, ketersediaan jasa pengisian angin nitrogen masih belum merata. Kalau tinggal di kota besar mungkin tidak sulit menemukan tempat pengisian nitrogen untuk ban kendaraan, tetapi jika di luar kota?

ad_idzone = “1523222”;
ad_width = “300”;
ad_height = “50”;


sumber: viva

Iklan