MK Putuskan Nikah Beda Agama Tidak Sah!

http://ift.tt/1w8asCp

Pernikahan beda agama adalah tidak sah. Pernikahan yang sah di Indonesia hanyalah pernikahan antar umat manusia yang memiliki satu keyakinan yang sama sesuai Undang-undang Nomor 1/1974 tentang perkawinan. Hal ini merupakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak mengesahkan pernikahan perbedaan agama.

Pleno Majelis Mahkamah berpendapat pernikahan tidak haruslah memikirkan unsur sosial. Perkawinan merupakan salah satu bentuk perwujudan hak konstitusional warga negara yang harus dihormati dan dilindungi oleh setiap orang dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam hak konstitusional perkawinan tersebut terkandung kewajiban penghormatan atas hak konstitusional orang lain.
<!– BEGIN JS TAG – Suaranews.com NEWS INDO Display Rev Share

“Oleh karenanya untuk menghindari benturan dalam pelaksanaan hak konstitusional tersebut diperlukan adanya pengaturan pelaksanaan hak konstitusional yang dilakukan oleh negara,” ujar isi pertimbangan Pleno Majelis Mahkamah dalam salinan putusan yang tertuang dalam laman Mahkamah Konstitusi, Jumat (19/6).

Pleno Majelis yang diketuai oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat ini juga menegaskan pasal 2 ayat 1 UU No 1/1974 tentang Perkawinan tidak melawan UUD 1945. Perkawinan, menurut Mahkamah, ditujukan untuk membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Mahkamah juga berpendapat, suatu perkawinan dianggap sah apabila dilakukan sesuai dengan hukum masing-masing agama atau kepercayaannya serta dicatat menurut peraturan perundang-undangan.

ad_idzone = “1523222”;
ad_width = “300”;
ad_height = “50”;


Sumber: suaramerdeka

Iklan