Haus Berlebihan Saat Puasa? Waspada Dehidrasi, Lakukan Resep Ini Untuk Antisipasi

ilustrasi

http://ift.tt/1w8asCp

Berpuasa di minggu pertama sering terasa sulit karena tubuh belum terbiasa. Kendala yang paling sering adalah mendadak terasa haus yang amat sangat, terutama di siang hari saat Anda menjalani banyak aktivitas.

Untuk mengatasi ras haus yang berlebihan, Anda dapat melakukan beberapa hal ini di saat sahur dan berbuka.

1. Minum air setidaknya 8 gelas per hari
Anjuran minum delapan gelas air per hari dapat membuat tubuh terhidrasi. Pada bulan Ramadan kebiasaan baik ini harus tetap dijalankan. Anda dapat membagi waktu minum dalam 3 waktu, yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat malam hari dan 2 gelas saat berbuka.

2. Hindari makanan asin atau pedas
dr Wafa Ayesh, ahli gizi dari Dubai Health Authority, mengatakan konsumsi makanan asin akan meningkatkan kebutuhan tubuh terhadap air. Sementara konsumsi makanan pedas juga membuat tubuh cepat haus. Sebaiknya pilih makanan yang dicerna tubuh lebih lama seperti gandum, bayam dan almond.
<!– BEGIN JS TAG – Suaranews.com NEWS INDO Display Rev Share

3. Konsumsi buah dan sayur
Buah dan sayur mempunyai kandungan air dan serat yang tinggi. Hal ini membuat sistem pencernaan lebih sehat dan mengurangi rasa haus saat berpuasa. Cobalah konsumsi banyak buah saat sahur untuk mengurangi rasa haus ketika berpuasa.

4. Pilih jus buah segar
Mengonsumsi jus buah segar jauh lebih menyehatkan karena tubuh masih bis menerima banyak air yang terkandung dalam buah.

5. Hindari minum air es
Minum air es saat berbuka puasa sebenarnya tidak bisa menghilangkan rasa haus. yang terjadi justru perut akan terasa kembung. Air es justru memicu pembuluh darah berkontraksi dan menyebabkan gangguan pencernaan.

ad_idzone = “1523222”;
ad_width = “300”;
ad_height = “50”;


sumber: lensaindonesia

Iklan